Pages

Jumat, 06 Mei 2011

Menyongsong Hari Setelah Remaja

Para ahli memandang masa remaja sebagai usia di mana individu berintegrasi dengan masyarakat dewasa, usia dimana anak tidak lagi di bawah tingkat orang yang lebih tua melainkan dalam tingkatan yang sama, sekurang-kurangnya dalam masalah hak,kisaran umurnya antara 19-21 tahun.
Menurut Hurlock (1999) ciri-ciri masa remaja adalah sebagai berikut :
a. Masa remaja sebagai periode yang penting, karena perkembangan fisik, mental yang cepat dan penting dan adanya penyesuaian mental dan pembentukan sikap, nilai dan minat baru.
b. Masa remaja sebagai periode peralihan, adanya suatu perubahan sikap dan perilaku dari anak-anak ke menuju dewasa.
c. Masa remaja sebagai periode perubahan, karena ada 5 perubahan yang bersifat universal yaitu perubahan emosi, tubuh, minat dan pola perilaku, dan perubahan nilai.
d. Masa remaja sebagai usia bermasalah, karena pada masa kanak-kanak masalah-masalahnya sebagian besar diselesikan oleh guru dan orang tua sehingga kebanyakan remaja kurang berpengalaman dalam mengatasi masalah.
e. Masa remaja sebagai masa mencari identitas, karena remaja berusaha untuk menjelaskan siapa dirinya, apa peranannya.
f. Masa remaja sebagai usia yang menimbulkan ketakutan, karena adanya anggapan stereotip budaya bahwa remaja adalah anak-anak yang tidak rapih, yang tidak dapat dipercaya dan cenderung merusak, menyebabkan orang dewasa harus membimbing dan mengawasi.
g. Masa remaja sebagai masa yang tidak realistik. Karena remaja melihat dirinya sendiri dan orang lain sebagaimana yang diinginkan dan bukan sebagaimana adanya terlebih dalam cita-cita.
h. Masa remaja sebagai ambang masa dewasa, karena remaja mulai memusatkan diri pada perilaku yang dihubungkan dengan orang dewasa.

Terus bagaimana caranya kita menghadapi masa dewasa tuk bisa mengantisipasi semua hal-hal yang ditakutkan di masa remaja agar tidak terjadi???
Orang tua ataupun lingkungan tidak perlu terlalu khawatir dengan kondisi ini,karena pada umumnya kondisi ini akan berubah sendirinya ketika remaja memasuki tahapan dewasa. Kita cukup mengawasi dan membimbing mereka tanpa harus melarang-larang ataupun mengekang. Anak akan terkesan digembleng layaknya tentara jadi mereka cenderung membangkang dan tidak belajar dari apa yang telah ia dapatkan di lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar